Rabu, 23 Maret 2022, Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Akademi Perikanan Kamasan (Akperik) Biak perdana dilakukan di Tahun Akademik (T.A) 2021/2022.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi keahlian bidang Kelautan dan Perikanan, Akperik Biak sebagai Perguruan Tinggi Vokasi dibawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua – Papua Barat melaksanakan kegiatan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan PKL tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir yang dilaksanakan selama sehari (Rabu, 23 Maret 2022). Dalam kegiatan Pembekalan PKL tersebut, dihadirkan beberapa narasumber dengan memaparkan berbagai materi terkait perikanan dan kelautan. Turut hadir dalam pembekalan PKL tersebut Wakil Direktur I Bidang Akademik, Desener Ongge, S.Pi.,M.Si, Ketua Program Studi PSP, Fatmawati Marasabessy, S.Pi.,M.Si dan Sekertaris Program Studi Olivia L.Y Rumkorem, S.Pi.M.Si.

Wadir I bidang Akademik memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan dengan berpesan agar mahasiswa PKL senantiasa menjaga nama baik almamater, memanfaatkan waktu yang tersedia hingga berakhirnya masa PKL, dan selalu menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan melalui komunikasi langsung dengan Ka Prodi atau dosen pembimbing masing-masing. “Kalian harus menjaga nama baik kampus, karena kalian akan menjadi figur untuk adik-adikmu nanti kedepannya”, pesan beliau.”

Kegiatan PKL diharapkan menjadi sarana pembentukan mahasiswa yang siap bekerja, tangguh dan professional di dunia kerja. PKL Tidak hanya dimaksudkan menambah wawasan mengenai di dunia usaha perikanan namun para mahasiswa diharapkan juga mendapatkan keterampilan yang sesuai bidangnya”. ucap Ka prodi PSP saat memberi pengarahan.

Lokasi PKL ini berada di Kampung Pasi dan Samberpasi Distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor yang merupakan daerah dengan potensi perikanan tangkap yang dominan dan merupakan daerah yang masuk dalam zona kawasan konservasi. PKL dilaksanakan selama 35 hari dan terhitung mulai 26 Maret hingga 30 April 2022, dengan jumlah sebanyak 16 mahasiswa yang mengikuti pembekalan. Materi Pembekalan yang disampaikan diantaranya:

1. Pengawasan Desctructive Fishing dan Ikan-Ikan yang dilindungi oleh Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Biak

2. Zonasi dan Pengelolaan Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido – Aimando oleh Koordinator Satker Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Padaido

3. Etika Magang dan PKL oleh bagian Akademik

4. Teknik Pengambilan Data Primer, Sekunder dan Pembuatan Laporan oleh Prodi PSP

Melalui kegiatan PKL perdana ini dan rencana akan dilaksanakan tiap semester genap diharapkan mahasiswa Prodi PSP Akperik Biak memiliki kompetensi yang lebih unggul sehingga siap terjun didunia kerja nantinya. Selain itu dengan melakukan PKL di berbagai wilayah yang berbeda, diharapkan mahasiswa nantinya siap bekerja dan berwirausaha di manapun. (psp.apk)