https://ap.uinsgd.ac.id/wp-includes/gacor/ https://cms.uki.ac.id/cache/gacor/ https://siak.insud.ac.id/cache/qris/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://feb.unika.ac.id/wp-includes/sistem/ https://sidinar.bnn.go.id/app/system/
Blog – Akademi Perikanan Kamasan Biak

PRODI PSP AKPERIK BIAK MENYERAHKAN MAHASISWA PKL & GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT DI KAMPUNG PASI DISTRIK AIMANDO

Biak-28/03/22. Sejumlah Dosen Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Akademi Perikanan Kamasan Biak (Akperik) menyerahkan Mahasiswa PKL dan menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan diselenggarakan untuk memberikan pemahaman, dan edukasi kepada masyarakat nelayan di kampung Pasi Distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor dalam mengembangkan ilmu pada bidang Kelautan Perikanan.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Direktur I Bidang Akademik Desener Ongge S.Pi.,M.Si. Kepala Kampung Pasi Isak Semuel Rumaikew, Ketua Program Studi PSP Fatmawati Marasabessy, S.Pi.M.Si, Dosen, Olivia L.Y Rumkorem S.Pi.,M.Si dan Andriani Widyastuty serta Masyarakat setempat dan Peserta kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, selaku bagian Akademik menyampaikan terkait keberadaan Akademi Perikanan Kamasan Biak yang merupakan satu-satunya kampus perikanan di teluk cenderawasi. Akperik Biak sendiri telah memberikan dampak yang baik terhadap Pendidikan bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat pesisir atau masyarakat pulau. Olehnya itu peran penting Pemerintah kampung Pasi dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendorong anak-anak Pasi untuk terus belajar terkait perikanan kelautan di kampus Akperik Biak. Kampung Pasi merupakan kampung dengan potensi perikanan demersal dan pelagis serta kerang-kerang yang banyak yang perlu dikelola dengan baik.

Sebanyak 14 Mahasiswa PKL yang ditempatkan di kampung Pasi untuk mempraktekkan pengoperasian alat penangkapan ikan dan menganalisa kelayakan alat tangkap diterima dengan resmi oleh Kepala Kampung Pasi. Ucapan terima kasih disampaikan langsung oleh Kepala Kampung saat menyampaikan sambutan ditengah jalannya kegiatan.

Setelah penyerahan mahasiswa PKL dilanjutkan dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma dari Dosen di Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian dimaksud adalah Program Pengembangan Masyarakat Nelayan dengan tema “Pelatihan Penanganan Ikan Hasil Tangkapan dan Pengembangan DPL Kekerangan Sebagai Upaya pelestarian Kerang di Kampung Pasi”.

Harapannya melalui kegiatan PKM ini masyarakat teredukasi sekaligus termotivasi untuk menjaga kesegaran dan mutu ikan hasil tangkapan, merawat dan menjaga kerang-kerang agar tetap lestari, serta masyarakat mengenal potensi pesisir dan laut di sekitarnya dan bagaimana memanfaatkan Sumber Daya yang ada untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat nelayan dan SDM di Kampung Pasi.

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan aksi bersih pesisir area pelabuhan kampung Pasi esok paginya (29/03/2022). (psp.apk)

Pembekalan PKL Mahasiswa Prodi PSP Akperik Biak, Perdana di Tahun 2022

Rabu, 23 Maret 2022, Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Akademi Perikanan Kamasan (Akperik) Biak perdana dilakukan di Tahun Akademik (T.A) 2021/2022.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi keahlian bidang Kelautan dan Perikanan, Akperik Biak sebagai Perguruan Tinggi Vokasi dibawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua – Papua Barat melaksanakan kegiatan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan PKL tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir yang dilaksanakan selama sehari (Rabu, 23 Maret 2022). Dalam kegiatan Pembekalan PKL tersebut, dihadirkan beberapa narasumber dengan memaparkan berbagai materi terkait perikanan dan kelautan. Turut hadir dalam pembekalan PKL tersebut Wakil Direktur I Bidang Akademik, Desener Ongge, S.Pi.,M.Si, Ketua Program Studi PSP, Fatmawati Marasabessy, S.Pi.,M.Si dan Sekertaris Program Studi Olivia L.Y Rumkorem, S.Pi.M.Si.

Wadir I bidang Akademik memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan dengan berpesan agar mahasiswa PKL senantiasa menjaga nama baik almamater, memanfaatkan waktu yang tersedia hingga berakhirnya masa PKL, dan selalu menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan melalui komunikasi langsung dengan Ka Prodi atau dosen pembimbing masing-masing. “Kalian harus menjaga nama baik kampus, karena kalian akan menjadi figur untuk adik-adikmu nanti kedepannya”, pesan beliau.”

Kegiatan PKL diharapkan menjadi sarana pembentukan mahasiswa yang siap bekerja, tangguh dan professional di dunia kerja. PKL Tidak hanya dimaksudkan menambah wawasan mengenai di dunia usaha perikanan namun para mahasiswa diharapkan juga mendapatkan keterampilan yang sesuai bidangnya”. ucap Ka prodi PSP saat memberi pengarahan.

Lokasi PKL ini berada di Kampung Pasi dan Samberpasi Distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor yang merupakan daerah dengan potensi perikanan tangkap yang dominan dan merupakan daerah yang masuk dalam zona kawasan konservasi. PKL dilaksanakan selama 35 hari dan terhitung mulai 26 Maret hingga 30 April 2022, dengan jumlah sebanyak 16 mahasiswa yang mengikuti pembekalan. Materi Pembekalan yang disampaikan diantaranya:

1. Pengawasan Desctructive Fishing dan Ikan-Ikan yang dilindungi oleh Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Biak

2. Zonasi dan Pengelolaan Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido – Aimando oleh Koordinator Satker Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Padaido

3. Etika Magang dan PKL oleh bagian Akademik

4. Teknik Pengambilan Data Primer, Sekunder dan Pembuatan Laporan oleh Prodi PSP

Melalui kegiatan PKL perdana ini dan rencana akan dilaksanakan tiap semester genap diharapkan mahasiswa Prodi PSP Akperik Biak memiliki kompetensi yang lebih unggul sehingga siap terjun didunia kerja nantinya. Selain itu dengan melakukan PKL di berbagai wilayah yang berbeda, diharapkan mahasiswa nantinya siap bekerja dan berwirausaha di manapun. (psp.apk)

PENGUMUMAN: PELAKSANAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS (PKKMB) BAGI MAHASISWA BARU

Bagi mahasiswa yang sudah membayar pendaftaraan PKKMB, informasi terkait pelaksanaan PKKMB sebagai berikut.

Tanggal                           : 19 – 20 Agustus 2021

Waktu                            : 09.00 – selesai

Tempat                           : Kampus Akademi Perikanan Kamasan Biak

Catatan:

Bagi calon mahasiswa baru yang belum melengkapi berkas-berkas pendaftaraan, wajib memberikan kekurangan berkas maksimal tanggal 18 Agustus 2021. Diberikan kepada Panitia di kampus Akademi Perikanan Kamasan Biak.

TEKNIS PELAKSANAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB)

Kewajiban

  1. Mengikuti seluruh rangkaian acara sesuai dengan jadwal yang ditentukan panitia.
  2. Mematuhi semua ketentuan yang berlaku.
  3. Mengisi daftar hadir 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore.
  4. Memakai kemeja putih, dan sangat dianjurkan lengan panjang dan celana/rok panjang berwarna hitam selama kegiatan PKKMB berlangsung (tanggal 19 s.d. 20 Agustus 2021).
  5. Selama PKKMB berlangsung, peserta berpakaian rapi, bersih, sopan, berambut pendek maksimal 1 cm dan rapi bagi pria
  6. Bersikap hormat, menjunjung norma dan etika yang berlaku baik dalam bertingkah laku, berkomunikasi maupun dalam melakukan aktivitas lain.
  7. Menunjukkan surat keterangan dari dokter jika mengidap penyakit berat/membahayakan.
  8. Menerapkan prokes covid-19 (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun).

Larangan

  1. Meninggalkan acara, menerima tamu, kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak dengan izin panitia.
  2. Menandatangani daftar hadir orang lain.
  3. Merokok selama kegiatan PKKMB.
  4. Membawa senjata tajam dan senjata lainnya yang dapat membahayakan orang lain.
  5. Memakai perhiasan yang berlebihan dan menyolok pandangan.
  6. Membuat keributan atau bertingkah laku di luar batas kesopanan dan indisipliner.
  7. Membawa dan atau menggunakan minuman keras, narkoba atau obat terlarang lainnya.
  8. Memakai atribut di luar yang ditetapkan panitia selama PKKMB berlangsung.

PANITIA PKKMB

PENGUMUMAN: PENDAFTARAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS (PKKMB) BAGI MAHASISWA BARU

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB)

PROGRAM DIPLOMA TIGA (D-3)

AKADEMI PERIKANAN KAMASAN BIAK

TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Bagi Calon Mahasiswa baru wajib mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Sebelum mengikuti PKKMB, mahasiswa wajib melakukan pendaftaran PKKMB dengan waktu dan biaya sebagai berikut:

Tanggal       : 5 – 18 Agustus 2021

Waktu         : Pukul 9.00 – 14.00 WIT (jam kerja)

Biaya          : Rp600.000,-

Pendaftaran PKKMB dapat dibayarkan melalui:

  • Bendahara Panitia PKKMB (Ibu Ariantje Pattipeilohy, S.Pi., M.Si.) di kampus Akademi Perikanan Kamasan Biak atau dapat dibayarkan secara langsung melalui:
Bank BNI Atas Nama: AKPERIK BIAK Nomor Rekening: 0089218914
  • Penyerahan bukti transaksi pembayaran PKKMB dapat  dilakukan dengan dua cara sebagai berikut.
  • Fotokopi sebanyak 1 lembar dan diberikan melalui panitia PKKMB di kampus Akademi Perikanan Kamasan Biak atau
  • Scan atau foto bukti pembayaran dan dikirim melalui Whatsapp Application (WA) kepada panitia PKKMB dibawah ini.
Bapak Diarto, S.Pi., M.Si. (081211779782) Ibu Herlandri, S.Pd., M.Pd. (081336684413)

Catatan:

Bagi calon mahasiswa baru yang telah mendaftar diharap kehadirannya di kampus untuk mengikuti kegiatan persiapan pelaksanaan PKKMB pada;

Tanggal       : 16 Agustus 2021

Pukul          : 10 WIT s.d. selesai

https://kuesioner.oxygen.id/nbproject/private/spulsa/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisuda.isi.ac.id/wp-includes/system/sdana/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/block-editor/sdemo/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://sinaker.dumaikota.go.id/vendor/orchid/img/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/plugins/demo-gratis/ https://wisuda.isi.ac.id/wp-includes/cache/ http://siakad.staiattaqwa.ac.id/assets/hoki-win/ https://fh.uki.ac.id/nul/slot-pulsa/ https://fab.uinsaid.ac.id/wp-includes/saidemo/