Biak-28/03/22. Sejumlah Dosen Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Akademi Perikanan Kamasan Biak (Akperik) menyerahkan Mahasiswa PKL dan menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan diselenggarakan untuk memberikan pemahaman, dan edukasi kepada masyarakat nelayan di kampung Pasi Distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor dalam mengembangkan ilmu pada bidang Kelautan Perikanan.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Direktur I Bidang Akademik Desener Ongge S.Pi.,M.Si. Kepala Kampung Pasi Isak Semuel Rumaikew, Ketua Program Studi PSP Fatmawati Marasabessy, S.Pi.M.Si, Dosen, Olivia L.Y Rumkorem S.Pi.,M.Si dan Andriani Widyastuty serta Masyarakat setempat dan Peserta kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, selaku bagian Akademik menyampaikan terkait keberadaan Akademi Perikanan Kamasan Biak yang merupakan satu-satunya kampus perikanan di teluk cenderawasi. Akperik Biak sendiri telah memberikan dampak yang baik terhadap Pendidikan bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat pesisir atau masyarakat pulau. Olehnya itu peran penting Pemerintah kampung Pasi dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendorong anak-anak Pasi untuk terus belajar terkait perikanan kelautan di kampus Akperik Biak. Kampung Pasi merupakan kampung dengan potensi perikanan demersal dan pelagis serta kerang-kerang yang banyak yang perlu dikelola dengan baik.

Sebanyak 14 Mahasiswa PKL yang ditempatkan di kampung Pasi untuk mempraktekkan pengoperasian alat penangkapan ikan dan menganalisa kelayakan alat tangkap diterima dengan resmi oleh Kepala Kampung Pasi. Ucapan terima kasih disampaikan langsung oleh Kepala Kampung saat menyampaikan sambutan ditengah jalannya kegiatan.

Setelah penyerahan mahasiswa PKL dilanjutkan dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma dari Dosen di Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian dimaksud adalah Program Pengembangan Masyarakat Nelayan dengan tema “Pelatihan Penanganan Ikan Hasil Tangkapan dan Pengembangan DPL Kekerangan Sebagai Upaya pelestarian Kerang di Kampung Pasi”.

Harapannya melalui kegiatan PKM ini masyarakat teredukasi sekaligus termotivasi untuk menjaga kesegaran dan mutu ikan hasil tangkapan, merawat dan menjaga kerang-kerang agar tetap lestari, serta masyarakat mengenal potensi pesisir dan laut di sekitarnya dan bagaimana memanfaatkan Sumber Daya yang ada untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat nelayan dan SDM di Kampung Pasi.

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan aksi bersih pesisir area pelabuhan kampung Pasi esok paginya (29/03/2022). (psp.apk)